Selasa, 18 Juni 2013

Tips Membekukan dan Mencairkan Ikan


alt

Ikan sebagai bahan pangan segar, selain sangat bergizi juga digemari seluruh anggota keluarga, namun belum tentu kita langsung menghidangkannya sesaat sepulang berbelanja di pasar. Bila tidak pandai menyimpannya, akan terasa kurang fresh saat dimasak. Berikut adalah tips untuk membekukan dan mencairkan ikan:

1. Ikan yang utuh
Cara membekukan:
Insang dan jeroan dibuang, setelah dicuci bersih, oleskan sedikit garam pada perut bagian dalam, letakkan di atas baki aluminium lalu tutupi dengan lembaran plastik penyegar, simpan dalam ruang pembeku. Selain itu juga boleh dibungkus dengan lembaran tipis aluminium, untuk memperpanjang batas waktu penyimpanan.
Cara mencairkan :
Saat mau dikomsumsi, keluarkan ikannya masukkan ke dalam ruang pendingin dicairkan secara pelan-pelan, atau dicairkan di bawah air yg sedang mengalir.
2. Potongan ikan (Fillet)
Cara membekukan :
Misalnya ikan salem, ikan tongkol, umumnya dijual berbentuk potongan. Letakkan di atas baki aluminium, taburkan sedikit garam, masukkan ke dalam ruang pembeku masukkan ke dalam kantong tertutup, keluarkan udaranya, lalu simpan dalam ruang pembeku.
Cara mencairkan :
Pindahkan ke ruang pendingin, dicairkan secara pelan-pelan, atau keluarkan dari lemari es, lalu dibungkus dengan kain atau tisu, supaya cairan air tidak membasahi daging ikan. Setelah dalam keadaan setengah cair, bisa langsung digoreng atau dimatangkan dalam microwave, atau lemari oven.
3. Ikan kecil
Cara membekukan :
Diatur diatas baki, dibekukan, lalu masukkan ke dalam kantongan tertutup, simpan dalam ruang pembeku.
Cara mencairkan:
Direndam dengan air hangat beserta kantongan pembungkus, atau pindah ke ruang pendingin dicairkan secara pelan-pelan.
4. Ikan bakar
Cara membekukan :
Setelah dilumuri dengan garam lalu dioven terlebih dulu, setelah dingin dibungkus dengan lembaran tipis aluminium, langsung masukkan kedalam kantong tertutup, simpan dalam ruang pembeku.
Cara mencairkan :
Pembungkus kertas aluminium tidak perlu dibuka, langsung masukkan ke dalam lemari oven untuk dimatangkan, setelah itu dapat dikonsumsi.
5. Udang
Cara membekukan :
Buang terlebih dahulu kotoran yang terdapat di punggung atas udang, setelah itu cuci bersih. Untuk bagian kepala dan ekor dipotong sebagian, lalu diatur diatas baki. Setelah beku masukkan ke dalam kantong tertutup, simpan dalam ruang pembeku.
Cara mencairkan:
Dicairkan secara pelan-pelan di suhu ruang.  (Dajiyuan/cen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...