Minggu, 24 September 2017

Cara membuat daftar isi secara otomatis dan tidak perlu susah susah secara manual

Hai sobat uniq, sebelumnya mimin mau nanya nih apakah sobat uniq itu seorang mahasiswa atau dosen atau seorang peneliti yang sukanya membuat makalah, jurnal, laporan atau tesis itu? Jika iya gak asing dong bagi sobat untuk membuat sebuah kolom daftar isi dari tulisan tersebut. Nah pada kali ini mimin akan menjelaskan bagaimana sih cara membuat daftar isi yang baik dan benar dan tidak perlu ribet ribet secara manual karena di aplikasi Microsoft Office Word(biasa di sebut MS Word) terdapat fitur yang memprmudah kita dalam membuat daftar isi fitur(otomatis) tersebut yang biasa di sebut Heading.
Kita ketahui bahwa suatu laporan, tesis, jurnal atau yang lain itu pasti memiliki apa yang namanya daftar isi. Mungkin kebanyakan dari kita berfikir bahwa membuat daftar isi tersebut hanya bisa menggunakan tehnik biasa(manual) tanpa bisa menggunakan fitur tertentu. Namun kalian tahu ternyata bahwa membuat daftar isi tersebut bisa dengan otomatis, yuk kita simak caranya:
Sebelumnya kita persiapkan dulu bahan bahannya
1.       Pc / laptop yang terdapat Aplikasi Microsoft Office Word, minimal versi 2007
2.       Dokumen yang ingin di buat daftar isinya
Tutorial:
1.       Buka dokumen kamu yang ingin di edit
2.      Kemudian klik multilevel list
3.       Klik define new multilevel list




4.       Muncul Tampilan







5.      Atur semua nya sesuai dengan gambar di atas, di bawah aku menuliskan BAB 1 dengan angka latin, dan jika ingin menggantinya bisa ubah di kolom number style for this level, dan disitu terdapat banyak pilihan ada yang romawi, latin dan sebagainya.



6.       Nomor dua arahkan kursor di kiri angka “1” di kolom enter formatting for number,







7.       kemudian klik include level number from(di bagian tengah) dan pilih level 1





8.       kemudian tekan “space” kemudian tekan “titik” dan akan menjadi

9.      

Begitu juga untuk nomor 3 dan seterusnya, bisa di sesuaikan.  Nomor itu opsional, semakin banyak sub babnya maka nomornya akan semakin banyak. Untuk nomor 3 pada bagian include level number  form, akan ada level 1 dan 2, maka yang di klik pertama kali adalah level 1 dan diikuti level setelahnya, begitu juga untuk nomor nomor berikutnya. Contoh:





10.   Kemudian setelah semua selesai di atur. Kembali ke nomor 1. Atur sebagaimana tadi dijelaskan. Kemudian klik ok. Maka akan muncul setingan heading 1 di kolom styles.  Yang itu nanti di gunakan di saat mengatur  “BAB”.
11.  



Begitu juga untuk nomor 2(heading). Ganti untuk aturan heading 2 pada kolom “level to show in gallery” menjadi “level 2”. Lalu klik “ok”. Dan begitu juga untuk heading 3, 4 dan seterusnya juga di sesuaikan levelnya.

12.   Kemudian setelah semua selesai di atur maka akan tampil di kolom styles heading 1 sampai 4 (sub bab mimin Cuma sampai 3 maka headingnya Cuma sampai 4)


13.  Kemudian langsung praktek. Pertama blog BAB 1 pada artikel sobat, kemudian klik pada styles heading 1. Maka akan otomatis BAB 1 sobat telah terotomatisasi. Begitu juga untuk BAB 2, 3, 4 dst pada dokumen sobat.

14.  
Kemudian sama halnya juga untuk sub bab pertama sobat. bedanya saat ini setelah di blok yang heading 2 bukan heading 1. Dan ubah semua sub bab pertama dengan heading 2.

15.   Sama halnya untk sub sub bab. Menggunakan heading 3.

16.   Dan lanjutkan tata cara tadi untuk sub sub bab sobat berikutnya.
17.  



Setelah semua sudah di otomatisasi. Kemudian saat membuat daftar isi. Dengan cara klik “references” kemudian klik “Table of Contents”, lalu klik pada bagian automatic 1 atau automatic 2, sama saja









dan terlihat (hapus saja tulisan contents tersebut)

Ya sekian dari mimin, Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Semoga bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...